Beberapa Tips Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Menjaga tekanan darah agar tetap normal merupakan salah satu keniscayaan yang dapat membuat tubuh kita sehat. Ya, bagi anda yang sudah menginjak usia 40 tahun, tekanan darah menjadi satu parameter kesehatan tubuh yang perlu diperhatikan. Pasalnya, sudah kita ketahui bersama, bahwa tekanan darah yang tidak normal dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan lainnya yang lebih serius. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu berusaha untuk menjaganya agar tetap normal.

Faktor Usia memang merupakan salah satu faktor yang memang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan ini. Namun tidak hanya itu, ada banyak faktor lain yang masih bisa kita usahakan agar bisa tetap mempertahankan tekanan darah tetap normal. Berikut ini beberapa Langkah yang bisa anda coba, sebagai ikhtiar untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Tips Sederhana Mempertahankan Tekanan Darah Tetap Normal

# Kurangi Asupan Garam

Kelihatanya sepele dan mudah namun bagi anda yang memiliki kesukaan terhadap makanan gurih dan asin sangat sulit untuk menghilangkannya. Semua orang sudah mengetahui bahwa makanan yang terlalu asin, banyak menggunakan garam lambat laun dapat membuat kondisi tekanan darah naik. Maka dari itu, agar tekanan darah kita tetap normal maka konsumsilah garam dapur sesuai anjuran dokter dengan cara menguranginya. Menurut WHO, batasi konsumsi garam daput hingga maksimal 1 sendok the per hari.

# Kurangi Makanan Berlemak

Tips yang kedua, merupakan satu hal yang senada dengan yang pertama yanki mengurangi makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Selain Sodium, lemak juga merupakan salah satu faktor yang dapat membuat tekanan darah tidak normal. Oleh karena itu, anda bisa mulai mencoa mengurangi konsumsi lemak dengan cara merebus, mengukus atau membakar makanan anda. Atau juga ketahui bahan – bahan makanan yang mengandung lemak yang tinggi, setelah itu anda bisa hindari atau batasi porsi makannya.

# Perbanyak Makan Buah Dan Sayur

Semua orang sepakat, sayur – sayuran dan buah – buahan segar merupakan makanan terbaik yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh kita. Bahkan sudah banyak dipercaya, ada beberapa jenis buah dan sayuran yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah seperti mentimun, biuh bit, buak kiwi, seledri dan banyak lagi yang lainnya. Kebiasaan makan sayur yang banyak memang harus dilatih karena memang tidak mudah bagi anda yang tidak terbiasa.

# Olahraga Teratur

Siapapun anda pasti setuju dan bahkan sering merasakan manfaat dari kegiatan satu ini. Ya, olahraga dengan teratur sangat baik untuk kesehatan termasuk juga membuat metabolisme menjadi lancar dan akhirnya tekanan darah terus dalam kondisi normal. Oleh sebab itu, olahraga teratur merupakan tips menormalkan tekanan darah yang cukup efektif. Mulailah dari olahraga ringan seperti jalan santai selama 30 menit keliling desa atau di taman kota misalnya.

# Istirahat Dan Tidur Yang Cukup

Untuk anda yang masih berusia muda mungkin belum merasakan perubahan apapun dalam tubuh anda. Bahkan sebagian ada yang terbiasa tidur larut malam kemudian siangnya digunakan untuk bekerja. Ketika anda terbiasa melakukan hal itu di usia muda, bisa jadi apa yang anda alami sekarang merupakan efek yang baru anda rasakan sekarang. Tips nya adalah kurangi tidur malam (bgadang), dan istirahatlah yang cukup. Serta seimbangkan dengan aktifitas fisik.

# Kontrol Tekanan Darah Setiap Saat

Darimana anda bisa mengetahui berapa tekanan darah anda saat ini ? Tentu saja dengan mengukurnya dengan menggunakan alat ukur tekanan darah. Sebagian dari anda akan merasa keberatan ketika harus memeriksakan diri setiap saat hanya untuk mengecek berapa tekanan darahnya. Namun anda bisa selalu mengetahui tekanan darah anda tanpa harus ke dokter. Caranya dengan membeli tensimeter sendiri. Anda bisa memilih tensimeter jenis digital yang praktis atau tensi manual yang relatif lebih terjangkau. Dengan begitu, anda dapat memantau dan mengontrol tekanan darah anda setiap saat.

# Mengkonsumsi Obat

Untuk anda yang sudah mengidap penyakit ini mungkin membutuhkan bantuan obat untuk membuat tekanan darah anda cepat normal. Namun selain itu, apabila konsumsi obat anda dibarengi dengan usaha lain seperti yang sudah kita utarakan diatas, tentu saja akan menjadi lebih efektif lagi. Mintalah resep ke dokter sebuah obat yang sewaktu – waktu bisa anda beli sendiri tanpa harus meminta resep dari dokter.

Mungkin ini saja yang bisa kami bagian pada kesempatan kali ini, apabila anda membutuhkan informasi tentang alat ukur tekanan darah. Anda bisa baca artikel tentang perbedaan tensi digital dan tensi manual. Mudah – mudahan bisa menjadi referensi anda saat memilih tensi untuk anda gunakan sendiri. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *