Mengenal Beberapa Macam Jenis Alat Tensimeter

Secara umum terdapat dua jenis tensimeter yaitu tensimeter manual dan tensimeter digital (otomatis). Namun demikian, tensi manual juga terdapat beberapa jenis. Demikian juga untuk tensimeter digital, ada beberapa jenis berdasarkan model dan letak pengukuran. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel tentang jenis – jenis tensimeter berikut ini.

Mengenal Beberapa Jenis Tensimeter

Terdapat dua macam jenis tensimeter yang hingga saat ini digunakan di berbagai macam instansi medis yaitu tensimeter Manual dan Tensimeter Digital. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai kedua macam tensi tersebut dan juga turunannya.

Tensimeter Manual

Disebut dengan tensimeter manual karena cara kerjanya bersifat manual. Yakni tidak dibantu dengan mesin, ataupun digerakkan oleh listrik. Bagian atau komponen tensimeter manual seperti yang sudah dijabarkan sedikit pada artikel yang lalu tentang bahasan pengertian tensimeter. Diantar komponen atau bagian tensi manual yakni Bola karet, manset, selang (tabung) dan manometer. Di sini terdapat dua macam jenis manometer yang membuat tensi manual terbagi menjadi dua macam. Yaitu tensimeter Raksa dan tensi Aneroid.

Namun demikian, sekarang ini hanya terdapat satu macam karena tensi Air Raksa sudah tidak diperbolehkan lagi karena alasan keamanan. Tensimeter Aneroid disebut juga dengan tensi jarum. Hal ini karena manometer (penunjuk tekanan) menggunakan model jarum. Tensimeter Jarum sendiri memiliki beberapa model seperti tensimeter Big Ben yang memiliki ukuran besar seperti jam dinding. Selain itu desainnya juga bermacam – macam termasuk penggunaan stand beroda untuk mempermudah mobilisasi.

Tensimeter Digital

Berbeda dengan tensi manual, tensi digital tidal lagi menggunakan bola karet untuk memompa manset. Penunjuk tekanan juga tidak menggunakan manometer melainkan menggunakan layar display dengan tulisan yang tertera secara langsung ketika hasil pengukuran sudah diperoleh. Tensimeter ini hanya terdiri dari komponen berupa manset, selang, dan mesin tensi. Tanpa bola karet dan manometer. Prosedur penggunaanya juga sangat praktis. Hal ini karena memang jenis tensi digital dirancang dan diperuntukkan bagi kalangan awam atau untuk pengguna pribadi (bukan tenaga kesehatan), sehingga dibuat dengan sangat mudah dan simpel.

Untuk tensi Digital sendiri memiliki beberapa desain. Anda bisa lihat salah satu desainnya seperti tensimeter digital Omron HBP-9020. Ada juga tensimeter digital pergelangan tangan yang bentuknya hampir mirip dengan jam tangan.

Itulah tadi bahasan singkat mengenai jenis – jenis tensimeter. Mudah – mudahan artikel ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian. Khususnya yang mencari informasi terkait dengan alat tensimeter. Bila anda bingung memilih jenis tensimeter mana yang akan anda beli, silahkan simak ulasan tentang detail perbedaan tensi digital dan tensi manual. Sekian, selamat beraktifitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *