Penting : Mengenal Bagian – Bagian Autoclave

Salah satu alat Sterilisasi yang cukup banyak digunakan di berbagai bidang adalah Autoclave atau Autoklaf. Autoclave adalah alat sterilisasi yang digunakan dalam metode sterilisasi secara panas basah atau panas uap. Kalau kita lihat bentuknya hampir mirip dengan dandang tertutup dengan ukuran yang besar. Di dalamnya terdapat elemen pemanas, di bagian tutupnya terdapat Pressure Gaug dan katup pelepas tekanan. Sebelum anda memutuskan untuk membeli alat ini, ada baiknya simak penjelasan tentang bagian – bagian autoclave dan fungsinya berikut ini.

Mengenal Bagian – Bagian Autoclave Dan Fungsinya Masing – Masing

Di pasaran terdapat banyak macam model, tipe dan merk autoclave. Terkadang tipe satu dan yang lainnya memiliki fitur berbeda. Namun demikian, komponen atau bagian – bagian dalam sebuah autoclave standar sebagai berikut :

1. Tombol ON / OFF

 Tombol ini berfungsi untuk menghidupkan Autoclave. Tombol ini ada pada seluruh jenis Autoclave, baik autoclave manual (bukan autoclave bakar) atau autoclave yang sudah menggunakan sistem digital (pemrograman).

2. Tombol Pengatur Waktu

Pada beberapa jenis Autoclave terdapat tombol pengatur waktu. Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan pengatur waktu. Jadi, ketika tombol ini diaktifkan, pengatur waktu dapat berfungsi secara otomatis . Tombol ini terdapat pada jenis autoclave semi otomatis.

3. Pengatur Waktu (timer)

Bagian ini berfungsi untuk mengatur berapa lama yang akan digunakan untuk sterilisasi. Prosedur sterilisasi menggunakan autoclave umumnya berkisar antara 15 hingga 30 menit dalam satu periode waktu sterilisasi.

4. Pengatur Suhu (kontrol suhu)

Pengatur suhu pada jenis autoclave digital digunakan untuk menentukan besarnya suhu sterilisasi. Sekaligus memberikan perintah pada Autoclave untuk memulai sterilisasi ketika suhu yang diinput sudah tercapai. Pada Autoclave semi otomatis pengatur suhu digunakan untuk mempertahankan suhu tetap stabil

5. Penutup Autoclave

Bagian ini memiliki pont yang sangat penting. Tutup ini berperan untuk menutup autoclave dari bagian atas sedemikian sehingga uap panas dan tekanan tidak keluar (bocor).

6. Penunjuk Tekanan (Pressure Gauge)

Bagian autoclave yang satu ini terdapat di bagian tutup Autoclave. Pressure Gauge berfungsi sebagai penunjuk tekanan dalam autoclave saat proses sterilisasi berlangsung.

7. Katup Pelepas Uap

Selain terdapat pressure gauge di bagian tutup autoclave juga terdapat komponen berupa katup yang berjumlah dua. Katup ini berfungsi untuk melepaskan tekanan (uap) ketika proses sterilisasi berlangsung. Katup ini juga dapat berfungsi sebagai pengatur tekanan ketika terjadi Over Pressure.

8. Sekrup Pengaman

Di bagian atas body Autoclave terdapat Sekrup yang didesain secara khusus untuk mengklem dan mengunci tutup autoclave agar kencang, rapat dan tidak bocor. Jumlah sekrup ini cukup banyak. Melingkar di seluruh lingkaran dandang atau bejana tekan.

9. Termometer (Penunjuk Suhu)

Komponen ini berfungsi untuk mengukur suhu sterilisasi. Pada autoclave digital pengatur suhu, penunjuk suhu terhubung dengan timer dan juga sistem terpadu yang menjadikan autoclave bekerja secara otomatis.

10. Elemen Pemanas

Di bagian bawah Bejana Tekan terdapat elemen pemanas super yang berfungsi memanaskan air hingga mendidih sehingga terjadilah uap panas yang mengalir ke seluruh permukaan alat yang disterilkan.

11. Power Cord

Di bagian luar terdapat Slot untuk mengubungkan kabel power dari autoclave ke stop kontak listrik.

12. Kran Pembuangan

Di sebagian autoclave dilengkapi dengan kran pembuangan yang terdapat di bagian bawah luar body atau bejana. Komponen ini berfungsi untuk mengeluarkan sisa air ketika proses sterilisasi telah selesai.

Baca juga : Cara sterilisasi menggunakan Autoclave

Nah itulah ulasan tentang bagian – bagian autoclave dan fungsinya yang umumnya terdapat pada sbuah Autoclave, alat sterilisasi uap atau steam disinfector. Bila anda membutuhkan informasi produk Autoclave terbaru baik untuk kebutuhan medis, klinik, industri langsung saja hubungi kontak kami untuk tanyakan langsung informasi lebih lengakapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *